BAKTI SOSIAL FAKULTAS TEKNIK 2016

Minggu, 25 Januari 2009 - 20:26:26 WIB

BAKTI SOSIAL FAKULTAS TEKNIK 2016

Sumber suara Unsada. Bakti sosial atau yang lebih dikenal dengan singkatan BAKSOS ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk membantu sesama yang lebih membutuhkan. Dengan mengusung tema “Bersama Kita Membangun Pendidikan yang Lebih Baik” Fakultas Teknik Universitas Darma Persada mengadakan kegiatan tersebut pada hari Sabtu, 12 Maret 2016 kemarin di SMP Islam Al-Mu’min, Sukatani, Cikarang. Acara yang diketuai oleh Dede Hermawan ini sudah dipersiapkan sejak Desember 2015. Sebelum memutuskan tempat untuk menyelenggarakan baksos ini, pihak panitia sudah mensurvei tujuh sekolah yang pada akhirnya SMP Islam Al- Mu’min lah yang terpilih sebagai sekolah penerima bantuan. Tujuan diadakan Bakti Sosial ini adalah sebagai sarana untuk mempromosikan kampus juga sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang sesuai dengan poin ketiga dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Fakultas Teknik UNSADA memilih SMP Islam Al- Mu’min sebagai tujuan baksos mereka dikarenakan sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah swasta di daerah Cikarang yang fasilitasnya kurang memadai. Walaupun pihak sekolah sudah menerima 50% dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah, masih banyak kebutuhan sekolah yang belum terpenuhi.

Dulunya perpustakaan SMP Islam Al- Mu’min ini menyatu dengan ruang guru dan dapur sehingga murid-murid tidak dapat bergerak bebas menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada. Sesuai dengan konsep baksos tahun ini maka bentuk dari baksos berupa pembenahan perpustakaan, memberikan dana serta perlengkapan berupa exhaust fan, beberapa buku bahan ajar, novel, komik, dan lain-lain. Tak hanya itu, Universitas Darma Persada juga memberikan sumbangan berupa satu unit komputer untuk SMP Islam Al- Mu’min.

Di acara baksos kali ini pihak panitia tidak hanya memberikan bantuan berupa pembenahan perpustakaan, dana, dan perlengkapan tetapi juga memberikan edukasi berupa seminar kepada murid-murid mengenai komputer, lingkungan hidup, dan juga motivasi. Tak hanya seminar, ada juga beberapa acara lainnya seperti praktek menanam pohon kecil dan games.

Ketika memasuki gerbang SMP Islam Al- Mu’min, para tamu disambut dengan pertunjukan pembukaan “Palang Pintu” dari beberapa siswa. Selain itu siswa-siswi SMP Islam Al- Mu’min juga mempersembahkan beberapa pertunjukan bakat seperti marawis, silat, dan barisan pramuka sebagai bentuk rasa terimakasih dan untuk menghibur para tamu yang datang.

Bukan hanya mahasiswa fakultas teknik UNSADA, semua dosen, dekan, wakil dekan fakultas juga ikut berpartisipasi dalam acara baksos tahunan ini. Namun karena adanya Visitasi Akreditasi Sistem Informasi beberapa dosen, dekan, wakil dekan tidak dapat hadir di acara baksos yang diwakilkan oleh beberapa dosen saja. Salah satunya adalah Adam Aris Budiman,M.Kom selaku Ketua jurusan dari fakultas teknik.

”Saya kira kegiatan ini cukup bagus karena melatih mahasiswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat, meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah yang ada di masyarakat, yang mana dalam hal ini berkaitan dengan pendidikan dan lingkungan hidup.” Komentar dari Adam Aris Budiman,M.Kom ketika ditanyai mengenai acara baksos.

Dana baksos ini didapatkan dari donatur, hasil dana usaha para panitia, sumbangan dari mahasiswa fakultas teknik dan juga dari hasil pengajuan dana kepada pihak kampus. “luar biasa, ilmu untuk kedepannya, banyak manfaatnya”. Ujar Hj. Nurhasanah,SPd selaku Kepala sekolah dari SMP Islam Al- Mu’Min.

SMP Islam Al- Mu’min adalah salah satu SMP swasta di daerah Cikarang, yang didirikan pada tahun 2002 berdiri di atas tanah infaq. Jumlah murid SMP Islam Al- Mu’min yaitu sekitar 230 murid yang mana setiap kelas dibagi menjadi 2 rombongan belajar dan setiap rombongan belajar terdiri dari 38-42 murid.

”Terimakasih sebanyak-banyaknya dari lubuk hati untuk kalian semua atas kegiatan ini.” Tutur Hj. Nurhasanah,SPd. Adapun harapan yang disampaikan oleh Murid SMP tersebut yaitu agar sekolahnya bisa lebih besar lagi, lebih bagus dan lebih Maju. Murid-Murid disana juga sangat berterima kasih atas bantuan dari pihak panitia, terutama perpustakaan tersebut, “senang sekali. Semoga perpustakaan ini bisa membuat anak-anak yang senang membaca lebih giat lagi” tutur Topik salah satu murid SMP Islam Al- Mu’Min.